bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Saturday 14 November 2015

Hukum Islam dan Rukun Islam

السلام عليكم


                              Salam Rahayu dan Damai Selalu

           Sebagai orang muslim, mari kita belajar bersama2 tentang hukum agama islam. Agar dalam ibadah kita semakin tertata dan terarah. 

Disini saya akan mencoba
menuliskannya.


 MUKALLAF :

             ialah orang islam yang dikenai beberapa kewajiban menjalani perintah dan menjauhi larangan agama karena telah dewasa dan berakal sempurna (akil baligh) dan telah mendengar seruan agama.


HUKUM HUKUM ISLAM

   Atau juga sering disebut dengan hukum syar'i ini terbagi menjadi 5 macam.

1.Wajib, yaitu suatu perkara yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan mendapat dosa. Misal : sholat 5 waktu.

Adapun wajib bila ditinjau dari segi pelaksanaannya terbagi 2 bagian:
  a. Wajib/fardlu 'Ain : yaitu sesuatu yang harus dikerjakan oleh setiap pribadi muslim yang mukallaf. Misal : sholat 5 waktu, puasa romadlon dll.
  b. Wajib/fardu kifayah : yaitu sesuatu yang telah dianggap cukup apabila salah satu muslim (dalam satu daerah) mengerjakannya, dan berdosa seluruhnya jika tidak ada yang melakukannya. Misal : Mengurus jenazah dll.

2. Sunat atau mandub, adalah suatu amalan yang apabila dikerjakan mendapat pahala jika ditinggalkan tidak berdosa. Misal : Sholat tarowih dll.


Sunat terbagi menjadi 2 bagian,

 a. Sunnat muakkad : adalah amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Seperti sholat tarowih, sholat dua hari raya dll. Karena Rosululloh selalu mengerjakannya.
 b. Sunnat ghoiru muakkad : adalah amalan sunat biasa. Misal : sholat sunat Qobliyah maghrib.

3. Haram, adalah : sesuatu amalan yang apabila dikerjakan mendapat dosa , dan apabila ditinggalkan mendapat pahala. Misal : mencuri, berzina dll.


4. Makruh, adalah : sesuatu amalan yang apabila dikerjakan tidak berdosa dan bila ditinggalkan mendapat pahala. Misal : merokok, makan jengkol dll.


5. Mubah, adalah : suatu amalan apabila dikerjakan tidak berdosa, dan jika ditinggalkan tidak berpahala. Misal : tidur, makan dll.



SYARAT DAN RUKUN


  a. Sarat, adalah suatu amalan yang harus dilakukan sebelum mengerjakan sesuatu yang menjadi penyebab sahnya pekerjaan itu. Misal : Wudlu, Pakaian suci adalah sarat sahnya Sholat. Jadi sebelum kita sholat kita harus wudlu (suci). Sebelum kita sholat, kita harus mengenakan pakaian suci. dll

 b. Rukun, adalah suatu amalan yang harus dikerjakan di dalam pekerjaan, yang menjadikan sebab sahnya pekerjaan tsb. Misal : Ketika kita sedang sholat kita harus tuma'ninnah. Maka tuma' ninnah dikatakan rukun sholat, dll
 c. Sah, adalah telah memenuhi/menjalankan sarat rukunnya dengan baik dan benar.
 d. Batal, adalah kurang terpenuhinya sebagian sarat atau rukunnya.


RUKUN ISLAM


Rukun islam terbagi menjadi lima amalan:

1. Mengucapkan dua kalimat syahadat, artinya : mengakui tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali hanya ALLAH, dan mengakui bahwa nabi Muhammad adalah utusan dan pesuruh ALLAH.
2. Mendirikan sholat lima waktu sehari semalam.
3. Membayar zakat.
4. Berpuasa di bulan romadlon.
5. Haji bagi yang sudah mampu.

DUA KALIMAT SYAHADAT  


        Membaca dua kalimat syahadat adalah : membaca dua kalimat pengakuan yang harus diucapkan  dengan lisan dan membenarkan dalam hati tentang adanya ALLAH Yang Maha Esa serta membenarkan sesungguhnya nabi Muhammad adalah utusan dan pesuruh Nya.

Adapun lafadznya :

اَشْهَدُ اَنْ لااِلَهَ اِلاَّالله    وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْ لُ الله


Asyhadu an laa ilaa ha illa lloh       wa asy hadu anna muhammadar rosuululloh

"Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah selain ALLAH, dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan dan pesuruh ALLAH."

Dua kalimat syahadat tersebut biasa dinamakan Syahadatain yang masing masing ialah :

 a. Syahadat Tauhid artinya penyaksian tentang keEsaan ALLAH SWT
 b. Syahadat Rosul artinya penyaksian tentang Nabi Muhammad utusan dan pesuruh ALLAH.

      Ketika seseorang akan masuk islam, maka membaca dua kalimat syahadat tersebut hukumnya wajib, dan dibaca berkesinambungan (tidak boleh dipisah pisahkan), serta mengerti apa yang diucapkan, maka masuklah ia ke dalam agama islam serta terbebani dengan keempat rukun islam yang lain.


Mungkin itu saja yang bisa saya tulis, Mohon maaf bila ada salahnya.


Ditunggu koreksi dan pencerahannya.


Salam Rahayu


والسلام عليكم



0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, Berilah kami pencerahan dengan arif dan bijak

Facebook| Twitter| Google+| About | Privacy Policy | Sanggahan | Hubungi Kami
laatansabelajar ~ Copyright © 2016 by CB