bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Sunday 14 February 2016

Macam macam Penyakit Hati|Pujian Obat Hati|

السلام عليكم
Salam Rahayu dan Damai Selalu
Sahabatku yang baik hati, Ketika kita bicara masalah hati, kita semua sepakat kalau hati bagaikan cermin, dalam artian jika hatinya baik maka sepak terjangnya pun akan baik.
Rosululloh Muhammad pernah bersabda : “Sungguh, dalam jasad ada sekerat daging. Jika ia baik, akan baik seluruh jasadnya. Sebaliknya jika buruk, seluruh jasadnya akan menjadi buruk. Sekerat daging itu adalah qolbu (hati).” (HR. Bukhari Muslim).
Betapa pentingnya hati dalam kehidupan kita, sampai- sampai orang tua kita dahulu selalu berpesan agar selalu menjaga hati kita. Itu bisa kita lihat pesan mereka ketika kita akan bepergian mereka mengatakan "hati hati ya !!!"
Kenapa bukan "paru paru ya", atau "jantung jantung ya" ???.
Itu karena sangat pentingnya hati kita. Agar kita bisa menjaga hati kita dari penyakit hati di manapun dengan siapapun bahkan sampai kapanpun.

Dalam islam penyakit hati sangatlah banyak, dari yang ringan sampai yang berat dan kronis. Salah satu penyakit yang Berat adalah SYIRIK (menduakan Tuhan). Penyakit yang tak terma'afkan.
Ketika kita sakit pada jasad kita, kita sibuk mencari obatnya. Sampai ke sana sini. Bahkan seandainya penyakit yang kronis kadang ada yang menggadaikan aqidahnya (na'udzubillah, amit amit jabang bayi...) mungkin karena belum tau atau sudah tau tapi tetap dilanggar.
Padahal separah apapun penyakit jasad itu ujungnya meninggal dunia. Andai sudah meninggal kita tidak merasakan sakitnya lagi.

Berbeda dengan penyakit hati yang kadang atau bahkan sudah menggerogoti dalam hati kita, kita tidak tau atau tidak mau tau. Padahal akibat penyakit hati yang kronis, bisa menyebabkan kita terjerumus ke dalam Neraka. Na'udzubillah. Bahkan tidak sedikit akibat/dampak penyakit hati mengimbas kepada saudara alam sekitar dan teman serta saudaranya.

Sahabatku yang baik hati.


 Macam-macam Penyakit Hati antara lain:

1. Sombong (Takabur)

Sombong adalah salah satu penyakit hati yang dibenci oleh Allah SWT, seperti yang tersirat dalam surat Al-Qur’an berikut ini :

“Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong .” [Al Mu’min: 76]

“Janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” [Al Israa’: 37]

Penyakit ini, dimiliki oleh Iblis (la'natulloh alaih) yang ketika disuruh sujud(menghormat) kepada nabi Adam ia enggan karena merasa dirinya lebih mulia daripada nabi Adam, karena diciptakan dari api sedangkan nabi Adam dari tanah.

2. Hasad (Iri dan Dengki)

Orang yang iri dan dengki selalu merasa susah bila melihat orang lain senang. Dan sebaliknya, ia akan merasa senang bila orang lain kesusahan. Biasanya orang yang iri dengki akan mencelakakan orang lain dengan lisan, tulisan, dan perbuatannya.

Ini terjadi pada Qobil putra nabi Adam AS yang membunuh Habil karena hasad dengan istrinya yang kurang cantik.

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [An Nisaa’: 32]

“Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu”. [HR. Abu Dawud]

3. Riya

Riya adalah orang yang beribadah atau berbuat kebaikan dengan maksud pamer kepada orang lain, agar orang mengira dan memujinya sebagai orang yang baik hati atau rajin/gemar beribadah dan berbuat kebajikan. Ciri-ciri riya yakni apabila di hadapan orang dia giat tapi bila sendirian dia malas, dan selalu ingin mendapat pujian dalam segala urusan.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia” [QS. Al-Baqarah: 264]

“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya, yang berbuat karena riya” [Al Maa’uun 4-6]

“Riya membuat amal sia-sia sebagaimana syirik”. [HR. Ar-Rabii’]

“Sesungguhnya riya adalah syirik yang kecil”. [HR. Ahmad dan Al Hakim]

4. Bakhil atau Kikir

Bakhil atau Kikir alias Pelit atau Medit merupakan salah satu penyakit hati karena terlalu cinta pada harta sehingga tidak mau berbagi dan bersedekah kepada orang lain.

“Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” [Ali ‘Imran 180]

“Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup serta mendustakan pahala terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa” [Al Lail 8-11]

5. ‘Ujub (Kagum akan diri sendiri)

Ini mirip dengan sombong. Kita merasa bangga atau kagum akan diri kita sendiri. Padahal seharusnya kita tahu bahwa semua nikmat yang kita dapat itu berasal dari Allah.

Jika kita mendapat keberhasilan atau pujian dari orang, janganlah ‘ujub. Sebaliknya ucapkan “Alhamdulillah” karena segala puji itu hanya untuk Allah.

6. Sum'ah (ingin didengar orang lain).

Sum'ah adalah maunya didengar orang dalam pekerjaannya.
Antara riya', 'ujub dan sum'ah hampir sama.
Menurut hemat saya riya itu beramal bukan karena Alloh,
 'ujub membanggakan diri
sedangkan sum'ah maunya didengar oleh orang banyak.
Persamaannya sama sama penyakit hati.

7. Syak (bimbang).

Penyakit bimbang ini suatu penyakit yang ragu ragu ketika akan berbuat. Suatu daerah/negara bisa maju atau mundur bahkan rusak jika sang pempimpin ragu dalam mengerjakan tugasnya.
Rosululloh melarang ragu (bimbang) kepada kita .

"Tinggalkan yang meragukan, lakukan yangt tidak meragukan"

 Penyembuhan Penyakit Hati :

 Menurut Imam Ibnul Qoyim, ada 2 cara mengatasi dan menyembuhkan penyakit hati, yaitu :

1. Menjaga kekuatan mental

Ibnul Qoyim menjelaskan bahwa salah satu upaya yang harus di lakukan orang yang memiliki penyakit hati adalah menjaga kekuatan mentalnya, dengan ilmu yang bermanfaat dan melakukan berbagai ketaatan. Hatinya harus dipaksa untuk mendengarkan nasehat dan ilmu yang bersumber dari Al-Quran dan sunah, serta fisiknya dipaksa untuk melakukan ibadah dan ketaatan. Karena ilmu dan amal, merupakan nutrisi bagi hati manusia.

2. Menghindari hal-hal yang membuat penyakit lebih parah

Ibnul Qoyim menyatakan, orang yang sakit hati harus menghindari segala yang bisa memperparah panyakit dalam hatinya, yaitu dengan menjauhi semua perbuatan dosa dan maksiat. Dia hindarkan dirinya dari segala bentuk penyimpangan. Karena dosa dan maksiat adalah sumber penyakit bagi hati.

## Berikut 10 hal yang dapat dilakukan sebagai upaya dalam penyembuhan penyakit hati yang diderita :
Membaca dan menyimak Al Qur’an
Merasakan keagungan Allah SWT
Mencari dan mempelajari ilmu agama
Banyak berdzikir
Memperbanyak amal sholeh
Rajin melakukan ibadah
Banyak mengingat mati
Selalu ingat akan tibanya hari akhir
Tidak terlalu mengharap dunia
Berdo’a kepada allah SWT agar dijaga keimanan kita

baca juga: pujian Si'i tanpo Waton

Di sini kita akan belajar bersama mengenal obat penyakit Hati yang dikemas dengan sholawat pujian sebelum sholat.


أَللَّهُمَّ صّلِّ وَسَلِّمْ عَلَى     سَيِّدِنَا وَمَوْلانَا محمد
عَدَدَ مَا فِيْ عِلْمِ اللهِ صَلاةً    دَاءىمَةً بِدَاوَمِ مُلْكِ اللَّهِ



Tombo ati iku limo ing wernane
Moco qur’an angen angen lafal ma’nane
Kaping pindho sholat wengi lakonono
Kaping telu wong kang sholeh kumpulono

Kaping pate dzikir wengi ingkang suwe
Kaping limo weteng iro kudu luweh
Sopo biso anglakoni iku limo
Insya alloh Gusti alloh nyembadani

 obat hati ada lima macamnya
Baca al qur;an angan angan lafadz dan makna
Nomer dua sholat malam jalankanlah
Nomer tiga orang sholih bertemanlah

Nomer empat dzikir malam panjangkanlah
Nomer lima perut kita kosongkanlah
Siapa yang bisa mengerjakan itu lima
Insya Alloh Tuhan mengijabahi do’anya”.


Mungkin sampai di sini dulu pembelajaran kita kali ini dalam hal Macam macam Penyakit Hati dan OBAT PENYAKIT HATI.
Semoga bermanfaat bagi semuanya.
Kami tunggu koreksi dan pencerahannya.

Salam Rahayu Selalu
والسلام عليكم





0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, Berilah kami pencerahan dengan arif dan bijak

Facebook| Twitter| Google+| About | Privacy Policy | Sanggahan | Hubungi Kami
laatansabelajar ~ Copyright © 2016 by CB